Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja dan Belajar Kelurahan Merdeka Sumur Bandung

Teknologi informasi saat ini telah berkembang dengan pesat. Salah satu faktor yang mendorong perkembangan tersebut adalah tersedianya jaringan internet. Teknologi jaringan internet memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dan saling berkomunikasi tanpa dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu.



Teknologi internet saat ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti
pendidikan, bisnis, dan lainnya. Sebagai sebuah sumber informasi dan komunikasi yang hampir tidak terbatas, jaringan internet saat ini menjadi sumber informasi utama dalam mendukung produktivitas.

Dalam bidang pendidikan, sudah banyak perguruan tinggi yang menggunakan internet sebagai media komunikasi kegiatan belajar mengajar dengan sistem e-Learning. Adapun dalam bidang bisnis, internet sudah menjadi pondasi utama dalam kegiatan bisnis perusahaan dari level start-up hingga enterprise.

Kelurahan Merdeka merupakan salah satu Kelurahan di Kecamatan Sumur Bandung yang
terletak di Kota Bandung. Perangkat pemerintahan dan masyarakat di Kelurahan Merdeka, mayoritas sudah mempunyai koneksi internet yang cukup dari berbagai sumber seperti, Wifi publik, layanan provider secara pribadi, maupun paket data di HP personal. Akan tetapi dalam kesehariannya, media internet yang ada belum dioptimalkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung aktifitas dan produktivitas kerja. Serta perlu adanya sosialisasi secara rutin akan etika dan perilaku yang baik dalam bersosial media dengan masyarakat internet (netizen).

Melihat fenomena ini, akan sangat tertinggal masyarakat Indonesia, jika tidak bisa memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya. Dalam rangka untuk mewujudkan masyarakat yang berwawasan global, melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat, AMIK BSI Bandung dan Fakultas Teknik Universitas BSI Bandung, menggagas suatu kegiatan seminar dan workshop untuk masyarakat dengan tema “Pemanfaatan Media Internet Secara Positif dan Aman Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja dan Belajar”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar